Thursday, April 14, 2005

My Child, you are the teacher.. :)

Malem inii..
Tanganku sakit-sakit ngilu gini euy!
Sebabnya.. karena lengan kiri kananku kena gigit Syifa!
Huaahhh..
Ga tau lagi kena angin apa deh anakku ini! Ampun dehh.. beberapa hari ini bawaanya galak dan rewel melulu! Trus jadi makin gemesan gituh.. :(

Kalo lagi maen-maen, becanda dan ketawa-ketawa ma aku & papanya gituh, ehh tiba-tiba dia nyelusup ke bawah baju aku, dan.. biiiiittttt! <-- nyubit lho dia! huuahhh.. rumah udah rame sama jeritanku dan tangisan dia aja deh bbrp hari ini. hehehe soalnya tiap kali dia nyubit ato gigit aku, aku spontan tereak kan!?
Trus kalo denger aku tereak dia kaget, trus nangis deh! hehehe.. ribet deh pokoknya!

Trus kalo ngga, lagi rame-ramenya cerita2 seru gituh, dia tiba2 ngedeketin aku (belagak mau meluk) tapi trus mukanya diturunin sampe lengan aku.. dan.. wakkk! Gigit gitu lho! duhhh..

Atau pas dia lagi asyik ngegambar dibuku gambarnya. Dia bilang, "Cipa mo gamban balon ahh..". Trus beberapa detik kemudian dia marah-marah sambil bilang "Cipa ga bica Ma! Cipa ga bica!" Kalo aku bilang "Assyifa bisa kok. Kalo ga bisa ayo kita belajar sama-sama!", dia akan keukeuh bilang "Ga bica Ma, cipa ga bica!" Setelah itu, luuuungg! berhamburanlah yg namanya spidol, crayon, dan semua peralatan menggambarnya Syifa. duhhh... anakku..

Trus bbrp hari ini nih, kalo mau bobo tuh ya ampun.. susah banget gitu lho! Harus 1 sampe 2 jam dulu si Mama ini bacain cerita dari koleksi buku ceritanya dia atau nyanyiin lullabies sampe berbusa! hueheuheuhehe.. Atau kalo ngga, adaaa aja alesannya biar ga cepet2 bobo (pdhl jelas2 matanya udah 5 watt dan merah2 tanda dia udah ngantuk). Seperti ini misalnya..

Syifa : "Mau pipis Ma.."
Mama : "Bener? Kan tadi udah?"
Syifa : "Iya, Ma.. cepet Ma, kebuyu ompon (keburu ngompol-red)"
Mama : "Ya udah, yuk yuk.."
(Mama bangun, gandeng Syifa ke wc, pasang closetnya Syifa, dudukin Syifa disitu, trus nunggu sambil jongkok..ngantuk..)
Syifa : "Ma.. ga mo pipis Ma..ga uwan pipisnya (ga keluar pipisnya-red)"
Syifa loncat dari closetnya trus narik-narik Mama keluar WC.
Mama : "Syifaa.. tadi katanya mo pipis, kok ga jadi?"
Kesel sambil nuntun Syifa balik ke ke tempat tidur.

Siap-siap mau bobo lagi, Mama nyanyi lagi, Syifa udah merem melek tuh.. hehe Mama seneng deh, semoga bobo yg nyenyak ya Nak.. Tapi... tiba-tiba, Syifa bangun lagi!

Syifa : "Ma, mo pupuk Ma.. " (pupuk = pupup; bhsnya Syifa)
Mama : (Udah mulai gemeeesss) "Assyifaa, kenapa ga tadi pupupnya? Jadi bolak balik kan??"
Mama bangun, gendong Syifa (biar cepet sampe WC), trus nunggu Syifa pupup dehh.
Satu.. dua.. tiga...

Syifa : "Ma.. ga uwan Ma.. mo bobo aja"
Mama : "Astaghfirullah Assyifa! Mama mulai kesel nih.. mau pupup ato mo bobo?"
Syifa : "Mo bobo Ma.. yuk.. yuk.." (tanpa rasa bersalah)

Balik lagi ke kamar, siap-siap mo bobo lagi ditemenin sama boneka Bebernya (teddy bear maksudnya.. hihi) dan Pooh si guling kecil kesayangan Syifa. Merem lagi sambil dinyanyiin lagu Ambilkan Bulan Bu sama Mama.. sedetik.. dua detik.. tiga detik... empat detik.. lima detik.... Bangun lagi deh Syifa! Huuahhh..

Mama udah hampir meledak deh tuh! Apalagi pas ngeliat apa yg dia lakuin setelah sempet terlelap beberapa detik.. dia bangun, berdiri, dan loncat-loncat diatas kasur sambil tereak "jam! jam! jam! jam! ayuk Ma lontat-lontat! jam.. jam! " (jam=jump, maksudnya..hehe)

Pappaaaa!!

Untung kalo Mamanya Syifa lagi senewen, ada Papanya Syifa yg bisa jauhin Syifa sementara waktu dari Mamanya, alias bawa Syifa keluar kamar, atau nyuruh Mamanya keluar kamar! huehehehe soalnya kalo udah capek, ngantuk dan direwelin sama anaknya, hehe udah dehh... suka stress abiss! hihihi bisa-bisa kepancing jadi malah ngemarahin si my little angel ini.. hiks.. maapin Mama ya Nak.

Sebenernya..
Aku agak-agak heran dgn sikapnya Syifa bbrp hari ini. Padahal kondisinya Syifa lagi OK, ga lagi kecapean (dia maen2 di rumah aja sejak hari minggu kemaren), trus makannya juga ok-ok aja.. ngga lagi susah (biasanya kalo Syifa lagi ga enak badan, makannya suka ga beres), dan semuanya berjalan normal-normal aja.

Tapi kemaren, kiriman majalah langgananku dateng.. dan ada artikel yang ngebahas, kalo ternyata, memang anak-anak seumuran Syifa tuh (kurang lebih 2 tahunan) emang lagi masa-masanya begitu. Emosinya gampang berubah alias labil.

Rasa ingin tahu mereka bikin mereka selalu menyelidiki berbagai bentuk, warna, waktu dan ruang, dan mereka biasanya ngga mau kalah dengan orang lain. Termasuk dgn orang dewasa. Nahh keterbatasan kemampuan mereka membuat anak sering merasa gagal dan kecewa. Kekecewaan yang menumpuk, ditambah rasa lelah karena aktivitasnya seharian begitu banyak, akhirnya membuat emosi si kecil meledak.. gelisah, berlaku kasar, mengamuk, rewel, menangis, tak bergairah, dsb, dsb, dsb.

Di artikel itu juga ditulis begini,
Selain orang tua harus bisa mengendalikan perasaan dan mengontrol diri dalam situasi yang tidak diinginkan itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menidurkan anak. Karena dengan mendengarkan Anda bercerita atau memutarkan lagu-lagu lembut, si anak lambat laun akan tertidur dengan sendirinya.

Nahhh... untuk paragraf terakhir ini, hehe.. mungkin ini nih yg dibilang teori yang tidak sesuai dgn kenyataan! :)

Untuk kasus Assyifa beberapa hari ini, baca dongeng dan nyanyi sampe berbusa, ngga begitu berpengaruh dgn keinginannya untuk tetap melek sampai waktu yang dia tentukan sendiri.. kapan dia harus tidur!
Dan itu bisa 1, 2.. atau 3 jam dari mulai Mama bacain dongeng dan nyanyi buat Assyifa... hehe

Fuuihhhh.. :P
Seringkali bikin emosi aku sampe naek ke ubun-ubun. Seringkali bikin aku pengen tereak dan ngga jarang jadi malah ngemarahin kamu, ya Nak. Maaf ya..

Tapi insyaAllah semuanya akan selalu aku jalanin dengan ikhlas.
Ga ada yang lebih membanggakan dan ga ada yang lebih membahagiakan dari hidup didunia ini (setidaknya sampe aku mau berumur 29 tahun ini ya..hehe), selain menjadi seorang Ibu!
Itung-itung aku belajar lagi buat jadi Mama yang lebih sabar deh ya! :D


My Child..
We are learning to be a good parent..
And you are the teacher!


I Love U, Assyifa!

3 Comments:

At 4/15/2005, Blogger Pinot W. Ichwandardi said...

hhhmmm....jadi inget pengalaman waktu Arwen baru lahir. Ini bener2 pengalaman pertama di mana kesabaran gw diuji. 2 bulan pertama kehidupannya di dunia, Arwen termasuk baby yang cranky dan fussy. Nyaris gak pernah mau ditaroh, mintanya digendong mulu, itupun harus xtra goyang. Tau sendiri gw gak pake pengasuh. Sampe2 gak sempet mandi, makan sambil gendong dia, tampang udah gak karuan...karena plus capek harus begadang-begadang. Ohhhh...dunia rasanya won't be the same anymore.
Suatu ketika, gw mati gaya, gw udah gak ngerti lagi musti gimana..gw capek berat, Arwen nangis melulu...gak digendong, gak ditaroh. Segala trik yang ada dibukunya Harvey Karp, MD "the happiest baby on the block" gw lakuin. Gak ada yang mempan. Gw histeris nelpon suami di kantor, dia buru-buru pulang, kasian denger suara gw di telpon. Sementara gw di rumah udah gemessssssss banget, gak tau musti ngapain. Arwen gw taroh di stroller dengan kasar dan sedikit mencubit lengannya. Sekejap gw khilaf!! Setelah sadar, gw nangis...merasa berdosa, melihat mahluk kecil yang gak tau apa-apa yang cara komunikasinya cuman bisa lewat nangis. Arwen gw angkat lagi dan gw peluk dengan penuh penyesalan.
Sejak itu setiap kali dia bikin gw jengkel, gw langsung berpikir Arwen belum ngerti apa-apa, cara komunikasinya masih terbatas, dia sedang belajar untuk survive di dunia dan gw harus memahami dan mencari tahu sebabnya. Syukur pemikiran seperti itu bisa "mendinginkan" gw.
Anak-anak memang guru terbaik, Ma. Kita belajar mengendalikan diri dan memahami diri kita sesungguhnya karena mereka.

Mak....kok panjang banget yah. Kayaknya bisa jadi satu cerita blog sendiri. Bukan maksud balas dendam nih!!........huahahahahahahahaha

 
At 4/17/2005, Blogger Lia said...

Lepat meureun laguna...raka mah seringna ampuh ku lagu manuk dadali or deungkleung dengdek hahaha.
Sanes irma seorang yg mengalami itu,hampir setiap ibu mengalaminya...seru ya...menemani mereka melewati tahapan2 perkembangannya itu sanaos lengkap pula dengan berbagai hal yg agak "menjengkelkan"
Tidak mudah memang nya Mom,jadi ibu teh...semoga kita bisa mengantarkan mereka menjadi manusia madani.Amin

 
At 4/19/2005, Blogger ika said...

2 tahun ya???? Emang salah satu yang "terberat" kok... hehehehe.. istilahnya masa2 terrible two.... Senangnya menguji kita... Yang penting, kita berusaha supaya ngga keliatan kesel, karena mereka itu seperti menguji emosi kita, semakin kita menampakkan kekesalan kita, mereka semakin menjadi2. Tapi kita juga harus tegas, karena ini adalah saat yang tepat mengajarkan disiplin pada mereka. Pastilah kita ngga tega ngeliat anak nangis, jejeritan, kadang2 sampai guling-guling, tapi kita harus konsisten, jangan plin plan. Sekedar cerita pengalaman gue aja ya... Kalo Aida gigit gw (hehehe) gw bales gigit, biar dia tau kalo digigit itu sakit. Kalo waktunya Aida tidur ngga tidur juga, masih ngajak mainan, ohohoho... ngga tuh.. lampu kamar mati. Titik. Biar dia nangis2, gw tidur aja... Kalo diladenin aja, kitanya juga capek dong... Kalo dia buang2 crayon atau mainan, trus ngga mau diberesin lagi, gue itung sampai 10, gue ajak beresin bersama, kalo dia masih ngga mau, dia gue strap... masukin kamar.. mainan gue yang beresin trus gue kasih lihat ke dia kalo mainan itu gw simpen di lemari dan dia ngga bisa main lagi... Dia harus tau mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan... Kasih time out gitu...
sorry klo ngga berkenan.

 

Post a Comment

<< Home

Free Web Counter
yang udah main kesini sejak 27.03.05
Lilypie Baby Ticker

Wedding Anniversary-nya Irma & Yoga
Daisypath Ticker