Tuesday, March 29, 2005

Yang bikin deg-degan itu namanya.. MENYAPIH! :)

Menyapih.. alias proses menghentikan memberi ASI pada bayi! :)
Something yg bikin aku deg-degan beberapa bulan terakhir ini.
hehe.. gimana ngga, Syifa udah semakin besar, dan berarti semakin deket ke waktunya aku nyapih dia, biar ga tergantung lagi sama ASI Mamanya.

Dan itu berarti juga bahwa dia akan kehilangan "kenikmatan" menghisap susu Mamanya.. hehe biasanya kan kalo dia udah ngantuk, atau lagi ngerasa ngga enak badan, atau lagiii apapun lah yang kerasa ngga feel good sama dia, pasti dia langsung minta.. "Ma, nenen mama, Ma.."

Trus.. itu juga berarti kalo dia akan kehilangan kebiasaan yang udah dia lakuin sepanjang hidupnya! hehehe iya kan, dia sejak lahir ke dunia tuh taunya langsung minum ASI!!

Aku inget, beberapa saat setelah Syifa lahir, suster di RS Borromeus Bdg itu langsung nyodorin Syifa ke aku, buat disusuin! hihi.. Dan begitu ngeliat dia nyosor-nyosor nyari nenen Mamanya, aku sempet kebingungan gituh! hehe gimana ya, berasa ngga percaya kalo saat itu ada seorang makhluk yang baru turun di dunia dan langsung tau bahwa apa yang dia lakuin adalah harus menyusu dari Mamanya!! waahhh it's amazing! apalagi begitu pertama kali itu nyusuin Syifa.. wahh.. ngga terkira deh senengnya! Nyusuin sambil meluk dan merhatiin anakku yg baru aja keluar dari rahimku sendiri... Allahu Akbar! :)

Aku emang niat mo ngasih ASI buat Syifa selama 2 thn.
Tapi ternyata Allah berkehendak lain. Aku dan Mas Yoga dikasih rejeki buat jalanin ibadah umroh ke Baitullah, insyaAllah bulan Mei besok. Dan itu berarti, aku harus mulai mempersiapkan segalanya, terutama mersiapin Syifa biar ngga shock saat ditinggal sementara sama mama papanya nanti.

Persiapan buat Syifa..
Salah satu caranya adalah dengan menyapih dia, walopun pasti awalnya akan kerasa berat buat Syifanya sendiri dan Mamanya. But I have to!

Dari beberapa referensi yang aku baca dan dari hasil konsultasiku dengan DSA-nya Syifa, cara menyapih terbaik adalah dengan berusaha jujur dan memberikan pengertian sejak jauh-jauh hari pada si anak (dengan bahasa mereka tentunya), tentang kapan dan maksud kita menyapihnya.

Hmm… mudah untuk diungkapkan tapi pasti susah buat dijalankan! Hehehe.. seperti biasa. Teori yang harus dipraktekkan terlebih dahulu untuk mengetahui kebenarannya.

Dan namanya juga usaha yaa.. akhirnya, bismillahirrahmanirrahiim aku jalanin ‘terapi’ itu sejak akhir Desember lalu. Kalo aku lagi main-main dan santai sama Syifa, aku selalu bilang kalo ‘ngga lama lagi, Syifa akan berhenti nenen Mama.”
Dia suka nanya. ‘kenapa Ma?’ Aku jawab, ‘karena nanti Syifa sudah besar, sudah ngga perlu nenen Mama lagi, nenen Mamanya udah ngga enak dan ngga bikin Syifa sehat lagi. Nantinya Syifa hanya akan minum susu dari botol dan dari gelas”

Awalnya, dia suka bilang ‘Ngga mau! Ngga mau!”
Tapi lama kelamaan, dia udah mulai ngerti dan mulai bilang “Iya Ma, nanti Fa ga nenen mama lagi.”
Trus kalo aku tanya, “Disapih artinya apa Fa?”
Dia akan jawab, “Disapih itu ngga nenen mama lagi!”
Hueheuheuhehehhe lucu deh kalo liat tuh anak udah bisa diajak ngobrol.
Alhamdulillahirrabbil’alamiin..

Nahhh.. pas kemaren itu, tepatnya hari Minggu malem, 27 Maret 2005, sebenernya aku ngga ada rencana sedikitpun untuk nyapih dia saat itu. Pengennya sih hari jumat nanti, aku baru akan nyapih Syifa. Tapi lagi-lagi Allah berkehendak lain. Allah yang tau kapan waktu terbaik buat kita doing something kan yaa..
Ngga tau kenapa, malem itu, jam 19.30an, aku tiba-tiba ngerasa kalo ini waktunya buat nyapih my sweet little daughter.

Ya gitu dehhh.. pas dia minta ASI, aku bilang kalo ini waktunya Syifa buat ngga minum ASI lagi. Trus dia masih berusaha maksa. Trus dia nangis, sampe meraung-raung gituh. Duuhhh ga tega aku ngeliatnya. Tapi aku ga mo nyerah. Aku terus nolak waktu dia terus-terusan nangis sambil minta ASI. Sampe suaranya serak.. karena ngga berenti nangis selama 1 jam lebih. Hiks.. hiks.. ngga tega sih aku. Tapi kan aku harus konsisten yaa.. kalo ngga, kasian syifanya juga.

Aku emang ngga mau nyapih dia dengan ‘nipu’ pake sesuatu yg pahit-pahit atau yg menjijikkan lainnya. Aku pengen dia berhenti minum ASI karena tau kalo saat itu dia memang udah ngga perlu lagi minum ASI. Bukan karena nenen mamanya jijik or pahit. Aku pengen dia belajar jujur selama idupnya.. dan itu berarti aku harus ngajarin segalanya dengan jujur juga.. walopun kadang hal itu nyakitin.

Ya, pas disapih itu pasti peristiwa yg sangat nyakitin buat si anak. Dia pasti akan mikir, Mamanya udah ngga sayang dia lagi. Syifa juga gituh, pas tau aku ngga ngasih dia ASI lagi, dia teruuuss pengen aku peluk! Pengen digendong, ga mau dilepas. Ga mau diajak ke kamar tidur. Trus aku ajak ke ruang tengah, ga mau. Aku ajak ke ruang tama, ga mau juga. Aku ajak ke ruang makan, dia tetep ga mau. Pokoknya serba salah gitu deh dianya.

Mbak dan tantenya Syifa udah ngga tega gituh ngeliat Syifa nangis ngeraung-raung sampe kecapean. Tapi aku larang mereka ngapa-ngapain, biar aku sendiri yang jalanin ini, biar Syifa tau dan ngerti maksud baik mamanya, walopun awalnya pasti nyakitin buat dia.

Fuuihhh.. walopun awalnya kerasa nyesek buat aku (gila loo aku sampe pengen ikut nangis ngeliat dia ngeraung-raung gituh sambil meluk-meluk dan nyium-nyium aku minta nenen mamanya.. hiks..), tapi aku tau kalo aku harus konsisten jalanin ini.
Aku cuma bisa minta tolong sama Allah biar dikasih kemudahan dalam proses ini..
Allahumma yassiir wa laa tu’assiir..
ya Allah mudahkanlah, jangan Kau susahkan..

Dan alhamdulillah, Syifa anak yg sholeh dan gampang diajak komunikasi. Ternyata nyapih dia ngga sesusah yang dibayangkan sama aku. “Unjuk rasa” nya Syifa Cuma berlangsung di malam pertama dia disapih aja. Hehehe.. alhamduilillah, malem besoknya udah ngga ada tangisan yang menyayat hati itu… hihihi..

Dan aku bisa buktiin, bahwa teori yg dibilangin sama DSA dan referensi yang aku baca itu, alhamdulillah benar adanya. :)

InsyaAllah, Syifa udah sekarang udah ngga nenen Mama lagi ya sayang yaa..
InsyaAllah ini akan bikin Mama tenang kalo ntar pergi umroh sama Papa ya Fa yaa.. Belajar siap-siap jauh-jauh hari, biar dapet hasil yg maksimal. Amin.

Makasih ya Allah, buat ridhoMu.. alhamdulillahirrabbil’alamiin..

1 Comments:

At 4/07/2005, Blogger kiky f said...

hmm...anakku baru mau bobok kalo "nenen"...kalo belum pulang, ngga bakal mau bobok, padah asinya dah dikit gitu deh, sejak kezia makan nasi tim...ikut deg2x an deh!

 

Post a Comment

<< Home

Free Web Counter
yang udah main kesini sejak 27.03.05
Lilypie Baby Ticker

Wedding Anniversary-nya Irma & Yoga
Daisypath Ticker