Tuesday, April 22, 2008

Jalan-jalan ke Green Festival 2008

Sabtu siang kemarin, saya ngajak mas yoga, syifa dan fira jalan-jalan ke Green Festival-Aksiku Untuk Bumi di Parkir Timur Senayan. Ngapain? Alasannya sederhana aja, saya yang 'kebetulan' sarjana teknik lingkungan dan sekarang jadi producer & event organizer ini pengen tahu, gimana pelaksanaan event yang katanya jadi 'Event bertema Lingkungan Hidup TERBESAR di Indonesia'. :-D


Papa Yoga dan DUO gadis cantik ;-)

Sekalian pengen nunjukin ke Syifa bahwa banyak banget yang bisa kita perbuat mulai dari rumah sendiri buat ikut menjaga lingkungan (Fira mah ikut-ikutan aja lah.. hehe ngiring bingah).


Fotonya gelap nihh.. langit senayan mendung banget pas kita nyampe disana

Foto dulu sebelum masuk. Syifa udah cemberut aja tuh.. laper katanya! :P

Trus, komentar saya apa?
Hmmmmm..... sebenarnya ngga fair kalo saya berkomentar banyak, karena saya juga (akhirnya) cuma menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam disana. Bukan karena saya ngga betah, tapi karena setelah kita selesai mencermati apa yang ada di zona A & B, trus hujan turuuunn dengan derasnya (jadi bikin saya dan keluarga ga bisa nyebrang lebih lanjut ke zona makan-makan dan zona hiburan).
Diluar hujan dereeeeeeeeeessss bangettt!

Akhirnya kita cabs balik ke mobil dan mencari makan siang di plaza senayan deh. *Padahal katanya mah ada acara bagi-bagi pohon gratis buat keluarga yang dateng. hehe.. ya sudah lah, ga pa-pa ga dpt juga, di cibubur juga banyak pohon mah. ;-)) ----->> oya, maaf juga ya kalo foto-foto di area green festivalnya cuma sedikit.. hehe ga terlalu antusias soalnya. :-D







Balik lagi ke komentar saya ttg Green Festival kemaren..
Yang saya tahu, tujuan utama event ini adalah sebagai sarana edukasi alias kampenye ttg apa itu global warming atawa pemasanan global. Idenya Ok, karena saya yakin para panitia pasti pengen event ini 'menyentuh langsung' para pengunjung dengan upaya mereka mengadakan beberapa zona.. seperti zona informasi umum ttg global warming, zona pencegahan/pengurangan yg bisa dilakukan di halaman, garasi, kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja, dsb.
Informasi yang diberikan secara sederhana melalui tulisan-tulisan dan gambar juga cukup mengena, ringan dan mudah dimengerti.
Alhamdulillah Syifa udah bisa baca juga, jadi saya ga terlalu susah nerangin apa yang dia lihat. Walopun sesekali dia juga ngeluh cape karena tulisan yang harus dia baca banyak banget katanya. :-D


Tapiii... menurut saya pribadi, terlalu gimanaa gituh kalo event ini dibilang event lingkungan hidup terbesar. Karena sejujurnya saya mah agak kecewa. :-D
Kecewa karena ternyata pelaksanaan event ini tidak melibatkan orang-orang/kelompok masyarakat yang berkontribusi langsung terhadap upaya pencegahan/pengurangan dampak kerusakan lingkungan.

Kalo mau dibilang event terbesar, alangkah baiknya kalo setiap point yang disinggung itu diperlihatkan mata rantainya secara nyata.. bukan hanya dengan tulisan-tulisan pada karton putih dan gambar-gambar karikatur saja.

Misalnya, alangkah baiknya saat ada informasi bahwa kertas itu dapat didaur ulang, maka diperlihatkanlah proses daur ulang kertas itu seperti apa, dsb, dst. Begitu juga tentang kenapa perlu mengurangi sampah plastik... dsb, dsb, dsb.

Ah.. kalo dirunut mah pasti bakalan jadi panjang.. hehe karena saya tau persis (dan pernah terlibat langsung didalamnya) bahwa ada banyak sekali kelompok masyarakat yang berbuat dan mengajak secara nyata para keluarga agar berbuat 'sesuatu' untuk menghindari kerusakan lingkungan yang lebih parah lagi.

Tapi gimanapun, pastinya saya haturkan beribu terima kasih untuk teman-teman panitia Green Festival dan semua orang yang terlibat didalamnya. Karena bagaimanapun, berbuat itu (walopun sedikit) lebih baik daripada tidak berbuat sama sekali kan ya? :-)

Ngaca dibawah escalator.. hehe. Foto ga nyambung sama cerita.. :P

Cuma aja (hahaha.. keukeuuhh ada cuma-nya), alangkah baiknya kalo penilaian/cap/stempel "baik-buruk-cantik-menarik-kecil-besar" terhadap hasil yang kita buat itu biarlah orang lain yang menilainya. *maksudnya jangan bilang ini event lingkungan hidup terbesar gituuhh.. heuhehe.. keukeuhh.. :P
Peace ah! :-)

Ah.. jadi tertantang pengen bikin event "yang besar" ttg lingkungan hidup. hehehe.. ada yang berani sponsorin ngga?!? ;-))

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Free Web Counter
yang udah main kesini sejak 27.03.05
Lilypie Baby Ticker

Wedding Anniversary-nya Irma & Yoga
Daisypath Ticker