Thursday, May 26, 2005

Oleh-oleh Umroh.. part-2

Lumayan nihh.. Udah agak bersemangat lagi buat nerusin nulis diary lewat blog ini nih!

Lanjutan cerita di Mekah, diterusin dengan acara ziarah/jalan-jalan ke tempat bersejarah di Mekah dan sekitarnya. Kita pergi pagi-pagi setelah sarapan gitu deh.
Perbekalan dan cemilan, ngga lupa dibawa juga dong!

Tempat pertama yang kita kunjungi di Mekah ini, Jabal Tsur.
Katanya, gunung ini adalah gunung yang tertinggi yang ada di kota ini! Hehe.. padahal tingginya ‘cuma’ 700 meter aja lho! Kalo dibandingin sama yang ada di Pulau Jawa sih, lebih enaknya bilang Jabal Tsur ini ‘bukit’ deh ya.. Bukit batu tepatnya! Gunung disini mah batu semua! Ga ada seger-segernya deh, ga kayak di bandung! Hihi.. :P

Alkisah, dulunya gunung ini dijadikan tempat persembunyian Rasululullah SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. pada waktu dikejar-kejar oleh orang-orang kafir Quraisy. Waktu kecil, pasti pernah denger dong cerita tentang 'sarang laba-laba di mulut gua' yang melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kaum kafir?! hehehe.. seneng deh bisa liat langsung tempatnya, jadi ngga berasa dongeng masa kecil aja! :)

Image hosted by Photobucket.com

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke daerah Arafah. Pertama, kita mendaki Jabal Rahmah nih.. Hehe iya, mendaki gunung yang ngga bikin cape, ya disini ini tempatnya. Disini ada sebuah tugu, yang konon jadi tempat pertemuan Nabi Adam A.S dan Siti Hawa di muka bumi, setelah terpisah sekitar ratusan tahun lamanya.

Yang bikin ngga terlalu berkesan tuh karena banyaaakk banget orang-orang Nigeria & Arab yang 'dagang' disini! Dari mulai dagang souvenir, dagang boneka unta yg bisa nyanyi(hahaha kalo yg ini, aku udah beli satu di Madinah lho.. buat Syifa! hihi), jualan spidol (spidolnya pada dipake nulis nama pasangan2 gitu dehh.. hehe aneh2 aja ya, pdhl kan tugunya mah buatan org2 jaman skrg), jualan foto, sampe jualan 'doa'! Pokoknya penuh sesak lah ya.. Tapi no problemo! Karena setelah berdoa bareng suami diatas bukit itu, kita langsung turun ke bawah, dan... Naik UNTA!! :P

Tau ngga, pas untanya mau berdiri, kaget banget lho! hihi.. kirain mo kayak naek kuda! Tapi ternyata lebih ngagetin euy! Nungging dulu gituh untanya.. heuehuehe

Image hosted by Photobucket.com

Nahh kalo ini, udah diatas unta dong! hehe udah ngga kaget, jadi bisa in action buat dipoto!!

Abis dari situ, kita keliling padang Arafah, tempat para jamaah haji bermalam dibawah tenda-tenda itu lho.. Trus pas lewat Mesjid Namirah, aku sama Mas Yoga semangat turun nihh! Pengen difoto! hihi.. Soalnya nama Syifa (Namira Assyifa) sedikit banyak diilhami sama mesjid bagus & megah ini. :D

Dari situ, kita terusin perjalanan ke lokasi lempar Jumrah.. Ini dia foto tugunya Jumrah Aqobah. Sejarahnya, di tempat ini dulu, Nabi Ibrahim AS mengusir syaitan yang menggoda beliau untuk tidak mengikuti wahyu Allah SWT yang datang melalui mimpinya, yaitu untuk menyembelih Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim AS mengusir syaitan dan melemparinya dengan batu. Sebelumnya, ada jumrah Ulla dan Wustha, tempat Nabi Ismail dan ibunya, Siti Hajar, melempari syaitan yang menggoda mereka untuk tidak mengikuti perintah Allah SWT.

Image hosted by Photobucket.com

Trus kita lewat ke Mina, Muzdalifah, dsb, dsb.. yang pasti hari ini kita jalan-jalan ke tempat-tempat yang akan disinggahi sama para jamaah pada saat musim haji nanti. Sekalian orientasi nihh, sebelom naik haji nanti. :) Amiinnn ya Allah, ya Robbal'alamiin.

Di perjalanan pulang ke hotel, kita juga lewat lokasinya Jabal Nur. Itu lho, yang hampir dipuncaknya ada Gua Hira, gua tempat Rasulullah SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Buat kenang-kenangan, foto dulu dong pastinya..

Masih ada beberapa tempat lagi yang kita kunjungi, yang pasti tempat-tempat bersejarah buat para umat Rasulullah SAW. Termasuk rumah tempat Rasulullah SAW dilahirkan di kota Mekah.

Tapi yang aku sayangin, pemerintah Saudi Arabia ini bener-bener ngga terlalu menghargai peninggalan-peninggalan bersejarah gitu deh ya. Semua sejarah hanya diingat melalui kisah dan lokasi. Tapi peninggalan-peninggalannya (termasuk mesjid), semuanya udah ngga ada asli-aslinya! hehe.. mungkin karena negara ini terlalu kaya, jadi semua tempat itu 'diacak-acak' semaunya dehh, walopun dalam arti kata 'dibagusin' gitu lho! Tapi tetep aja, sayang ya, ga ada bukti sejarah yang berarti gitu dehh.. :(

Sekitar jam 10 pagi, kita udah sampai di hotel lagi. Bersih-bersih, ganti baju, trus ke mesjid lagi deh, sholat dhuha, dan tawaf sambil nungguin adzan Dzuhur. Abis dzuhur, kita sempetin diri berkunjung ke Pasar Seng. hehehe ini bukan nama aslinya, karena yg ngasih nama 'Seng' ini ya orang-orang kita yg terkenal seneng belanja disini. :)

Image hosted by Photobucket.com

Sorenya, kita pergi ke mesjid Tan'im lagi, ambil miqat, sholat sunat ihrom, trus niat umroh lagi buat yg ke 3 kalinya. Hiks.. hiks.. sedih deh, karena besoknya kita udah harus pergi dari Mekah.

Maka dari itu, karena besok sudah hrs pergi dari kota Mekah, masih ada beberapa buah tangan yang harus kita beli dong. hehe.. jadi acara kita malem2 setelah selesai umroh, ya belanja dehh Bin Dawood-nya hilton.

Besoknya..
Hari terakhir di kota Mekah menjelang keberangkatan ke Jeddah.
Ada rasa seneng, karena itu berarti.. bentar lagi aku mau pulang dan ketemu Syifa! :)
Tapi lebih banyak sedihnya, karena waktu di Mekah ini kerasa sebentaaarrr banget! Apalagi waktu selesai tawaf wada'..tawaf perpisahan.. hiks... masyaAllah, itu yang namanya air mata, bener-bener ngga bisa berenti ngalir di pipi. Kayaknya beraaaatt banget mau ninggalin Kabah'. Berharap masih bisa tinggal lama dan ngabisin waktu di masjidil Haram lebih lama lagi.. berharap bisa selalu ngerasa lebih dekat dgn Sang Maha Segalanya, Allah SWT.

Ngga tega gituh waktu mau keluar mesjid. Noleh lagi-noleh lagi ke belakang, ke arah Kabah.. sambil berharap, Ya Allah.. semoga Kau izinkan aku untuk kembali lagi kesini, berulang-ulang kali, bersama keluargaku, agar aku selalu merasa berada lebih dekat dengan Mu, dimanapun aku ada.. amin.

Mas Yoga, udah ngehibur aku terus.. dia bilang, "Udah, jangan nangis, insyaAllah kita kembali lagi kesini secepatnya. Ok!?"
Aku baru bisa senyum lagi pas Mas Yog bilang gituh. hehehe.. alhamdulillah, amin ya Allah.. moga-moga bisa segera terwujud ya! :)

Balik ke hotel, siap-siap, trus berangkat ke Jeddah sekitar jam 2 siang.
Sebelom sampe hotel, kita mampir dulu di laut merah, atau bahasa kerennya, Red Sea. Yang itu lho, terusan Sueznya tuh tempatnya Nabi Musa AS membelah laut yang akhirnya menewaskan Fir'aun.

Image hosted by Photobucket.com

Latar belakang foto adalah istana Raja Fahd, yang dibangun diatas laut yang diurug sepanjang 6 km saja! hehehe.. saking kayanya, laut pun sampe diurug dibikin istana! Jadi inget pantai indah kapuk, kalo di jkt mah! :P

Sampai di hotel yang kebetulan bernama sama dengan laut yg baru kita singgahi, kita langsung istirahat sejenak deh. Abis sholat Dzuhur, hehehe.. langsung deh kita siap-siap. Mo apalagi kalo bukan.. belanja! Tujuan kita, itu lho.. toko parfum International yang ada di Corniche, Balad..:)

Abis borong parfum, kita masih coba berburu jam tangan, sajadah, dll, dll.. hehe buat oleh-oleh, keukeuh! Ngga tau kenapa, kayaknya kok masiiihh aja ada yg belom kebeli. hehe.. Sampe-sampe, abis kita pulang dulu ke hotel, sholat ashar, tidur bentar, sholat maghrib, makan malem, trus kita balik lagi deh tuh ke tempat belanja! hihihi..

Huuaahhh..
Udah dehh.. gitu ceritanya dari awal pergi umroh sampe menjelang pulang ke indo. Duuhh.. Senangnya bisa ibadah sambil liburan! :)
Semoga bisa kembali lagi berkunjung ke tanah suci bareng2 keluarga.. Amin.

Dan yang ini, foto sesaat sebelum berangkat ke Airport di Jeddah. Foto sama sebagian jamaah indo yang ada di hotel yg sama.

Image hosted by Photobucket.com

Dan.. sampai ketemu lagi, kota Mekah!
Sampai ketemu lagi, kota Madinah!
InsyaAllah, aku dan keluarga ngga akan pernah bosan buat berkunjung di tanah suci Mu, ya Allah.

Ridhoi kami untuk selalu berusaha dan bekerja semampu kami, agar kami sekeluarga bisa 'menabung' amal dengan beribadah selalu kepadaMu..

Amin.. ya Robbal'alamiin. :)

1 Comments:

At 6/02/2005, Anonymous Anonymous said...

Wah..ceritanya asyik ya, aku dulu umroh saat ramadhan jadi gak kuat naik turun bukit soalnya mesti jaga stamina :-) tapi herannya waktu tawaf asik-asik aja, bahkan selalu dapat ta'jil gratis :-)