Thursday, January 17, 2008

Tahu tempe plus foto pas liburan

Saya seneng pisan hari ini! :-)
Alhamdulillah.. setelah merasa kehilangan sejak senin lalu, akhirnya hari ini datang juga! hihi naon sihhhh.. suka teu puguh kieu nya si saya mah!??
Yang pasti mah masih ada hubungannya sama teteh yang ini..

dan dede yang ini..

Mereka ini adalah anak-anakku tersayang pecinta tahu dan tempe! Nah lho.. jadi?
Iyah, jadi saya itu mau ngomongin tentang tahu dan tempe! hehe.. akhirnya mereka datang juga hari ini setelah "libur" produksi sejak hari senin kemaren. Ribuan tukang tahu tempe pada janjian stop produksi dan pada demo ke istana dan ke DPR, protes krn harga kacang kedelai naik terus. :-D
Walopun harga tahu tempe hari ini agak mahal dari biasanya, tapi ga masalah.. yg penting mah Syifa dan Fira ngga akan nanya-nanya lagi menu wajib mereka. Fira itu tiap pagi udah minta tahu lho.. "Mamaaa...au maaaa.. auuuu!" :P Untungnya kemaren ini Mama baca berita dan denger dari tukang sayur kalo hari senin tahu tempe bakal menghilang dari peredaran. Jadi ya udah, hari minggu itu mama beli tahu tempe banyak-banyak deh. :-)

Karunya oge nya dipikir-pikir mah tukang tahu tempe teh..
Mereka pengen mertahanin harga jual tahu dan tempe, tapi kepentok dengan susah dan mahalnya harga bahan baku kacang kedelai. Belom lagi harga minyak tanah yang melambung terus.. tambah susah produksi deh mereka. Padahal tahu tempe itu kan identik dgn makanan orang-orang menengah ke bawah dan makanan anak-anak ya. Selain karena harganya yang murah, nilai gizinya juga tinggi.

Nah trus..

Kalo harga tahu tempe harus naik gara-gara para pengusaha tahu tempe itu ga mampu lagi menahan ongkos produksi, trus kumaha? Orang-orang miskin dan anak-anak kecil itu harus susah makan dan susah nyari menu sehat lagi gituh? *walopun menu sehat memang ngga harus makan tahu tempe sih ya.. tapi kan kebanyakan anak-anak pasti seneng tahu tempe (salahsatunya anak-anak saya gitu loh! hehe).
Harga kedelai pasar dunia naik 100% katanya. Nahh apa hubungannya sama tahu dan tempe yang diproduksi didalam negri? Hubungannya adalah karena di negri kita ini cenderung mengandalkan kedelai impor buat pasokan industri makanan/minuman yang berbahan baku kedelai.

Jadi kalo harga kedelai dunia naik, bea masuk impor tinggi, udah bisa dipastikan doonggg ongkos produksi meroket naik juga. Kalo pengusaha lain bisa seenaknya menaikkan harga, ngga begitu dengan pengusaha tahu tempe. Alasannya, ya itu tadi, tahu tempe itu banyak dicari dan dikonsumsi sama kalangan menengah ke bawah. Kalo mereka naekin harga, berapa byk org yg masih mau beli produknya mereka? Pasti masih ga sepadan dengan ongkos produksi termasuk upah para pekerja mereka.

Sedih juga ya..
Katanya Indonesia ini negara agraris.. tapi para petani kita malah pada males-malesan disuruh nanam kedelai karena mereka tau udah pasti rugi dan ga dapet insentif apa-apa dari pemerintah. Duuhh dilematis memang ya masalah di negriku tercinta ini. huhhuhuuhuhu.. *jadi ikut resah nih gara-gara tahu tempeku terancam ;))

Tapi ya sudah lah, insyaAllah moga-moga kebijakan pemerintah nurunin bea impor kedelai jadi 0% dan upaya pemerintah mensupport para petani buat meningkatkan produksi dalam negri itu bisa berhasil maksimal ya. Jadi para tukang tahu dan tempe itu ngga akan mogok produksi lagi. Amiiin. :-)

Nah sekarang giliran saya mau liatin beberapa foto terbaru (bulan des-jan lah ya..) yang belom sempet diupload kesini. Foto-foto pas liburan syifa kemaren. Ngga jauh-jauh, cuma ke bandung, sumedang, bogor, tangerang dan jakarta. hehe soalna si papa ngga dapet jatah cuti akhir taun nihh.. huuuuhhh.. liburnya cuma tanggal merah aja. hiks.. Tapi ga masalah, walopun ga jalan-jalan jauh, yang penting kan kebersamaannya ya! :-)

Ini foto-foto waktu kita ngajak maen anak-anak ke taman buah mekarsari yang kedua kalinya (hihi papa agak ngomel-ngomel tuh diajak ke mekarsari.. komentarnya : ga menarik! taman buah kok ga keliatan buahnya!??) :-). Jadinya abis naik shuttle itu, kita malah lama nungguin kaka maen-maen big balloon, maen monorail (ini mah mama & fira ikut.. hehe), maen mobil-mobilan, dan laen-laen deh.




Kalo yang dibawah ini foto-foto waktu kita maen-maen ke Ancol, bareng-bareng sama Ibu (kakaknya Mama) dan Kaka Alif. Ga sempet ke banyak tempat karena perginya kesiangan. hehe.. jadi cuma nonton pentas lumba-lumba, pentas singa laut dan nonton film 4 Dimensi itu.

Ibu & kaka Alif, ga keliatan jelas, soalna kaka Alifnya susah ga mau dipoto! :P


Ini kaka Alif, anaknya Ibu Irna & Ayah Wendi, sepupunya Syifa & Fira satu-satunya (hehe soalnya si om Iwan belum punya anak)

Papa, Syifa & Fira di pintu masuk Gelanggang Samudera


Fira terbengong-bengong ngeliatin lumba-lumba yang bisa nari. Hehe.. Lumba-2nya ga ada fotonya, tapi.. :P Oya, itu ibu Irna yang keliatan disebelahnya dede Fira. *mirip ngga sama Mama? hihi

Teteh Syifa udah kecapean, tapi masih semangat pengen nonton film 4 D.

Si bungsu bener-bener udah teler dipangkuan Mama sambil antri masuk theatre


Mama tetap ceria walopun beuraaattt karena harus gendong dede Fira sambil antri lama! hihi untung abis selesai difoto, dede Firanya langsung diambil alih sama papa dehh. :-)

Gitu dehh apdet-an hari inii. Yang pasti alhamdulillah wa syukurillah atas segala yang Allah berikan buat Mama dan keluarga. Termasuk dengan tahu dan tempe yang sudah kembali ke pasaran...

Alhamdulillah.. :-)

3 Comments:

At 1/20/2008, Anonymous Anonymous said...

Syifa mirip mama yahhhh...
eta dede Fira meuni bengong liat lumba2...gegel ah pipinaa..

hihiihhiih

Uwa Op

 
At 1/21/2008, Blogger Lia said...

iyah eta Fira meni lucu pas bengong begituh, serius pisan. Hidup Tahu Tempe!!! Kami juga keluarga penggemar tahu tempe nih!

 
At 1/22/2008, Blogger aku said...

hiduo tahu-tempe, heheh... ngikut dibelakang lia, biar jauh2 ke sinih, tetep cintah tahu-tempe.

spik2 sih kayaknya budaya bangsa tuh yang harus dirubah, selalu membanggakan produk impor, bener teu? coba aja, termasuk kita masih saja bangga pake barang made in luar, atao minimal kualitas ekspor. apa teu kasian tah pengusaha lokal, jadi we, problem kedele impor tuh bukan single problem, heheh ngalantur yeuuuh...

nuhun doanya untuk melahirkan nya, semoga dikabulkan dan Allah membalas kebaikan neng irma.

 

Post a Comment

<< Home

Free Web Counter
yang udah main kesini sejak 27.03.05
Lilypie Baby Ticker

Wedding Anniversary-nya Irma & Yoga
Daisypath Ticker