Wednesday, January 09, 2008

Tahun Baru itu.. ;-)

Rasanya..
Baru kemaren saya nulis Selamat Datang 2008.

Sekarang saya mau nulis "wilujeng sumping" lagi sama tahun baru yang lain..
Iyah, tahun baru Islam. Alhamdulillah.. :-)

Wilujeng sumping taun 1429 Hijriah!

Kalo ngomong ttg tahun baru..

Terus terang, walopun orang-orang yang kenal saya sejak kecil selalu bilang kalo saya ini “tukang ulin” alias "kerjaannya main" (hehe sejak SMP saya ga pernah pulang ke rumah sebelom maghrib "saking sibuknya" diluar rumah :P), tapi saya berani bilang bahwa sampai udah punya anak 2 skrg ini, saya belum pernah sekalipun ikut pesta atau berhura-hura menyambut datangnya tahun baru itu (tahun baru masehi-red).

Apalagi sampai harus mabuk-mabukan (walopun bukan sekali duakali saya ada bersama teman-teman saya yg "tidak sadarkan diri" itu pas tahun-tahun baru dulu.. jaman baheula.. insyaAllah sekarang mah moga-moga udah pada tobat ya! hehe). :-)

Walopun temen-temen saya datang dari berbagai kalangan (dari yg ancur banget sampe yg sholeh pisan, alhamdulillah selalu disayang sama Allah dgn dikasih teman-teman yang sholeh pisan)..
Walopun dulu saya sering dateng ke tempat-tempat "aneh" atas nama "pergaulan" (hehe.. jaman jahiliyah, kalo kata Ratih Sang mah)..
Tapi alhamdulillah saya ga pernah tergoda buat nyoba yg namanya ngerokok (ngisep-ngisep kertas ga penting..hehe), minum yang aneh-aneh (bensin, misalnya.. hihi), dan lain-lain.

Thx to Mamah dan Bapa yang sejak kecil selalu ngingetin saya bahwa Allah itu ada dimana-mana.
**Walopun saya ngaku (ampun ya Allah.. astaghfirullah), jaman dulu seringkali saya suka "pura-pura" lupa.. dohhh!! Semoga Allah selalu melindungi dan menjauhkan anak-keturunan saya dari hal-hal yang buruk. Amiiin ya Robbal'alamiiin.

Yang pasti..

Mamah dan Bapa saya ga pernah mengenalkan "keistimewaan" tahun baru sama saya sekeluarga.
Dan memang buat saya, sampai detik ini pun, tahun baru itu ga ada istimewanya. hihi. :-P

Bapa saya cuma sering bilang, bahwa kalo tahun baru itu datang, berarti kita tambah tua.. jadi harus bersyukur dan berdoa supaya jadi orang yang lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya. *Tapi omongan Bapa saya pake versi bahasa sunda.. hehe :-D


Jadi..
Kalopun malam pergantian tahun itu saya ada diluar rumah, bukan berarti saya ikut merayakan datangnya tahun baru. Tapi cuma sekedar bersosialisasi sama teman-teman, para sahabat dan keluarga tercinta lah intina mah. hehehe.. naooonn deuih. :-)
Itu pun bisa dihitung dgn jari, berapa kali di malam pergantian tahun masehi saya ada diluar rumah.

Waktu SMP, ga pernah sama sekali.. males bangeettt.. ga keluar rumah juga udah kedengeran huru haranya dr dlm rumah. hehe.. jadi paling barbeque-an di rumah, kumpul sama temen-temen, kumpul sama keluarga, trus makan-makan.. itu pun sebelum jam 12 udah bobo. hihi. Ato kalopun ngga bobo ya nonton tv aja gituh. Udah .

Jaman SMA, waahhh masa-masa paling indah tea. :-)
Tapi teuteeuuuppp kalo soal tahun baru, saya ga terlalu bersemangat ngapa-ngapain.
Paling-paling ngumpul sama temen-temen emmm.. temen-temen sekelas, osis, basket, nyanyi, apa lagi ya.. hihi ganti-gantian aja, berhubung waktu SMA mah saya teh banyak banget ikut ekskul, jadi kalo taun baruan ngumpulnya ganti-gantian. :P

Waktu jaman kuliahan.. hehe sama aja. Nothing special, kecuali karena ngumpul sama mantan pacar (hai Rie! hihi ampun 'Chie. :P) dan temen-temen kuliah di rumah sobat saya yang ada dipinggir jalan Dago deket Gelael.
Kebetulan deket rumah, jadi ya hayu aja kalo sekedar ngumpul-ngumpul aja mah. :-)

Tapi tetep aja, dari lubuk hati yg paling dalam, selalu ngga pernah ada sesuatu yg istimewa buat saya di malam tahun baru. Biasa aja gitu. *Ada ngga sih yg kayak saya?? hehe.. cari temen. :P


Malah pernah jalan kaki dari jalan merdeka sampe dago pojok bareng neng visi sama neng mia .. hehehe euweuh gawe! Bukan krn ikut huru-hara niup terompet tahun baruan, tapi karena ga dapet angkot pas mau pulang! hihi kejebak macet tea. Hei Vis! Masih inget kita pernah jalan dari dago bawah nyampe kos-an mu itu sampe keringetan? hehe..
Trus pas taun barunya, saya malah ga ngeh.. hahaha nanya sama mia, udah taun baru gitu ya!??
Iyah kayaknya.. tuh udah bunyi2 terompet. hihihihi


Tapi beneran sih, emang ga minat aja gituh.
Bahkan setelah menikah, saya sempet diajak mas yoga taun baruan di negri orang dgn harga tiket dan hotel yg melambung tinggi melebihi hari-hari biasa, tapiii.. ehhh.. yg ada saya malah terdampar di lautan kasur sebelum jam 00 itu berdentang. hahaha inget aja mas yoga ngomel-ngomel.. taun baruan jauh-jauh kok malahan tidur di hotel!?! hihi ya maaaappp :-)

Taun baruan kemaren ini malah lebih parah.. hehe jam delapan malem Syifa dan Fira udah tidur dengan sukses didepan tv! Padahal tadinya mas Yoga pengen ngajak kita makan diluar trus jalan-jalan katanya. hihi.. ga sukses lagi ya mas? :P

Eniweii.. balik lagi ngomongin tahun baru Hijriah..
Saya yakin, masih banyak orang yg ngga 'ngeh dengan datangnya tahun baru Islam ini walopun mengaku sbg seorang muslim.. Ya ngga sih?! *termasuk saya juga lho, jaman dulu.. hehe skrg mah untungnya selalu ada reminder (tanggal merah di kalender, maksudnya! hahaha).

Dulu, saya cuma sekedar tau bahwa awal tahun Hijriah itu Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah, tanpa mencoba mencari tau lebih jauh dan mengambil teladan dari momen hijrahnya Rasulullah itu sendiri.

Sekarang, mudah-mudahan saya bisa lebih mendalami maknanya dan berusaha buat lebih perhatian sama hal-hal yang memang seharusnya saya perhatikan dari dulu-dulu.. *dulu kemana aja bu irmaa?!? :P
InsyaAllah kemaren, sekarang dan yang akan datang, moga-moga momen ini akan selalu jadi momen yang berharga buat saya pribadi.

Berharga karena selalu jadi pengingat buat saya, bahwa dalam hidup ini selalu ada yang namanya pergantian yang ngga bisa ditawar, yang jadi wewenang dan hak prerogatif Allah SWT.
Ada saatnya kita ada dalam keadaan dan posisi yang kita kehendaki, dan ada saatnya kita harus siap dengan keadaan dan posisi yang tidak kita harapkan.

InsyaAllah, dengan bekal tawakal (mengerjakan apapun dgn sungguh-sungguh) dan ikhlas (terhadap apa yang datang dan yang pergi), mudah-mudahan Allah selalu memudahkan segala urusan kita dan memberikan keselamatan juga kebahagiaan di dunia dan di akhirat nanti buat kita semua ya.
Amiiin ya Robbal'alamiiin.

***Thx to Raihan yang selalu mengingatkan saya dengan syairnya Demi Masa.

Ingat 5 perkara, sebelum 5 perkara..
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Sehat sebelum sakit
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati


Selamat datang 1429 Hijriah! :-)

3 Comments:

At 1/11/2008, Anonymous Anonymous said...

walah ma.. jangan merasa "Sendiri" gitu ah...
uni mungkin termasuk yang tidak merayakan tahun baru masehi komo hijriah..karena ga biasa tea...sakali2na kumpul2 di luar rumah teh pas di rumah gia aja tuh basa kuliah :P.lainnya mah ma dirumah saja.. komo ayeuna mah laah...di imah wee... bakar bakaran yang bsia dibakar kekek.

ooo.. baheula taun baruan jeung mantan pacar ma..? nu mana :P heuheuheuehueheuheu.....

 
At 1/12/2008, Blogger Annie said...

Assalamu'alaikum...

selamat tahun baru hijjriah ya mb...

visit on my blog ya...:)

 
At 1/13/2008, Blogger Lia said...

heuheu meni panjang nostalgiana, tapi emang bener kok neng, sami-lah seng sayah eta mah, teu ngaruh nanaon. Masih mending menguntai mimpi ajah :).

Btw, lupa cerita euy. Si sayah sudah ketemu Santi Chrisanti lo...basa pindahan ka Kentucky mampir dulu di apartemennya. Dongengna aya sih di blog bulan agustusanlah, dirimu can melanglang blog deui sih.

 

Post a Comment

<< Home

Free Web Counter
yang udah main kesini sejak 27.03.05
Lilypie Baby Ticker

Wedding Anniversary-nya Irma & Yoga
Daisypath Ticker