Saturday, July 23, 2005

Duhh Bandung.. sekali sunda tetap sunda! :D

Hhffffhh..

Abis blogwalking..
Jadi sono ka bandung euy! hiks..
Ternyata banyaaaak pisaaann sodara-sodaraku sesama orang sunda (maaf, bukan SARA ini mah, cuma lagi sono sama sama urang sunda.. hehe) yang tersebar dibelantara blog. Hmm bener begitu bukan ya nyebutnya ?? hehehe naon atuh nya enaknya..

Yg pasti mah, seneng pisan ketemuan sama mereka. Jadi asa balik lagi ke beberapa tahun yg lalu. Waktu saya masih di Bandung dan hidup bersama jutaan orang di tatar sunda sana. Hiks..

Walopun saya skrg punya KTP Jakarta, bukan berarti saya udah ngga cinta sama kota Bandung (sebenernya mah KTP bdg juga saya masih punya.. tapi psstt.. jgn dilaporin sama yg berwajib ya! nanti saya berasa kehilangan jatidiri soalnya kalo KTP Bdg nya harus dicabut.. hihihi :P). Tapi karena tuntutan pernikahan dgn orang yg bukan sebangsa sebahasa (suamiku teaaa jawa pisaaannn! :P), jadi ya harus rela buat menetap di tempat suami menetap. hiks.. <-- ini juga untung pisan bukan tinggal di yogya ato surabaya tempat asal suami! hihi.. bisa-bisa saya abis ongkos krn pgn pulang pergi terus ke bdg.

Dipikir-pikir ya..
Saya aja yg skrg di Jkt (masih di pulau Jawa gitu loohh), suka seneng banget kalo ketemu sama temen-temen sebangsa sebahasa dan sejiwa (ciieeeee.. hahaha naoonn deuih!?). Kumaha deui temen-temen yg skrg idup di negri orang 'nya?

Pasti mereka amat sangat nganuhunkeun pisan sama seseorang yg berhasil menciptakan teknologi online, email, website, friendster atau si blog ini! Ya ngga?? Blog tea atuuhh.. berasa punya tetangga dalam dunia maya lahh pokona mah! :D

Ah..
Kalo ngomong soal Bandung atawa Sunda mah, ngga akan ada habis-habisnya. Alhamdulillah, suami tidak melarang saya menggunakan basa Sunda dlm pergaulan sehari-hari. Awas weee mun sampe ngelarang mah.. melanggar hak asasi manusia eta teh!
haha.. jadi inget protesnya suamikuhh kalo saya ngomong basa sunda terus sama Syifa.

"Mamaaaa jangan sundanisasi gitu atuh euy! Ngomongnya bahasa indonesia aja. Kan kita orang indonesia!?" <-- pake "atuh euy" krn suamiku ini juga udah agak-agak ketularan virus basa sunda nih stlh 2 thn pacaran dan 3 thn menikah sama urang sunda. hihii..

Tapi anehnya (suamiku juga sampe heran pisan), dimanapun saya berpijak (cieee asa jadi org padang.. dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung ceunah nya ceuk org padang mah?), selaluuu aja ketemuan dan klopnya teh sama orang-orang yg berbahasa sunda alias org jawa barat. Ngga tau emang kebetulan, ngga tau emang udah jodohnya begitu ya? hehe alhamdulillah lah pokoknya mah.

Waktu kerja di tv kmrn dulu, saya sampe dibilang penyebar virus. hahaha krn setiap orang, ga liat-liat dia siapa, asalnya darimana, dsb, selalu saya ajakin ngomong basa sunda. Apal meureun.. mah, teh, ceunah, pan, oge, eta, kieu, kitu, aahhh byk lagi lah yg suka keceplosan keluar dr mulut saya. Sampe akhirnya banyak yg terpengaruh sama logat sunda dan basa sunda kalo mereka ngomong sama saya. hihihi.. maap ya temans! bukan maksud lhoo.. :P

Jadi inget kata-katanya pak Is dulu (Ishadi SK, dirutnya transtv),
"Irma, untung aja kalo kamu lagi bacain berita logat sundanya bisa ngilang. Kalo ngga, bisa langsung dicoret tuh dari daftar presenter!" <-- hahaha tenang Boss, kalo soal jaim didpn tv mah saya jagonya! hihihi :P

Herannya..
Bahkan sampe kru saya yang bantuin di kantor skrg pun, hampir 90% nya orang sunda! Cuma 1 aja yg org Batak. Dari mulai org-org produksi, org admin, org finance sampe org-org grafis, semuanya org sunda! hehe aneh kan? Padahal mah sing sumpah teuing saya ngga pilih-pilih lho waktu nerima & interview mereka. Sueeerrr! <-- ciee segitunya saking ga mau dibilang KKN sama urang sunda! hihihi :P

Ahh..
Jadi sono ka bandung.
Nanti insyaAllah kalo saya ke bdg lagi, saya mau foto-foto ah.
Biar bisa majang foto-foto bandung dan berbagai jajanannya di blog saya, bari ngabibita urang Bandung yg sekarang lagi ada di negri batur! hehe.. mmmm.. sluurrpp.. teu acan nanaon tos kabita yeuh ngabayangkeun batagor, lumpia basah jeung yamin baso akung ngagupayan. hihihi

Eniwei, tunggu tanggal mainnya ya! :D

7 Comments:

At 7/23/2005, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Heuhhhh pokona mah hidup sunda laaaah......hihi SARA pisan nya?...Irma saya link yah webmuh...tong poho masang jajanan sunda tah..siga temen saya masang baso tarbak coba (itu ynag di side bar saya)..sampe ngeces...sama dung kita suaminya Jawa...hidup JAwa...hihihi

 
At 7/23/2005, Anonymous Anonymous said...

Irma, aku mah nggak ngerti bahasa sunda, tapi buatku, bhs sunda logatnya enak bgt, sobat baik aku, cowok org sunda, duhh gara2 dia..aku suka keikut2 logatnya..dannn..pernah ada org yg nyangka aku org sunda, langsung aja dia 'hantam' aku pake bhs sunda..he..he.., tak tarik tuh temenku buat nerjemahin..qiiiqiiiqii..

btw, soal TKAI, sok atuh Syifa sekolah disitu..biar ketemu ama abang dan jd temen alby, ada lho anak TKAI yg rumahnya di cibubur, he..he.., aku heran euy, jam berapa yah anak itu dari rumah?!

 
At 7/25/2005, Anonymous Anonymous said...

hehehe seru amat teh irma (gak pantes dong ya dipanggil 'mba;-P), sok atuh pajang jajanan bandung yang bikin ngiler itu, slurrrpp... blon dipajang 'dah ngacai duluan:-)
sualam kuenal teh irma, daku link, wokeh?

 
At 7/25/2005, Blogger TomInta family said...

Aduh Irmaaa... niatna meni Hade pisan rek ngabibita urang Bandung nu keur di LN..:D Baong oge mamana Syifa teh nya... Insya Allah mun Inta mudik urang ketemuan nya...
Kumaha Ma, berhasil teu ngeleketek si Papah tinggal di LN teh ? ceunah ameh "keretek hate" hoyong masak jadi muncul ? :D

 
At 7/27/2005, Anonymous Anonymous said...

Irma, jangan pernah berpikir yang henteu henteu yah, he he he...

Pesen sayahma, poto2: cendol elisabet, batagor, mie ayam, sus merdeka, baso, peuyeum, kiripik tempe... aduuuuh.. hayang balik (baca: hayang jajan), hihihi...

 
At 7/27/2005, Blogger Nia said...

Irma ... tong hilap meser peuyem na ... :D ... minta foto tempe bandung oge nya hehehe ...

Lamun teu gagara sunda ... belum tentu kita bisa kenal yah ... :)

 
At 7/30/2005, Blogger Lia said...

iyeuh ari nyaah ka urang sunda tong ngirim fotona wungkul, kirim tuangeunna meh terbukti kesundaanmu hihi

 

Post a Comment

<< Home

Free Web Counter
yang udah main kesini sejak 27.03.05
Lilypie Baby Ticker

Wedding Anniversary-nya Irma & Yoga
Daisypath Ticker